Bagian Bagian Kamera dan Fungsinya



DikRust.com- Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa latin untuk "ruang gelap", mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. 

Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektonik. Dikenal banyak jenis kamera potret.

     Sebelum kita menggunakan kamera alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu tombol - tombol yang terdapat di kamera. Apakah ini penting? Ya, tentu saja. Ini adalah hal yang sangat penting. Untuk pemula yang ingin terjun ke dunia fotografi harus memahami bagian-bagian kamera sebelum memotret sebuah gambar, Ini merupakan suatu ilmu yang dasar dan penting. 

Disini saya menampilkan kamera DSLR  Canon EOS 600D, walaupun kamera DLSR banyak merknya tetapi tombol dan fungsinya masih sama hanya berbeda tempat dan namanya saja.

Berikut bagian - bagian kamera beserta fungsinya :



    Keterangan:
    1. Lensa 
      merupakan bagian pokok dari kamera yang bekerja sama dengan body kamera. Untuk fungsinya saya pikir tidak perlu saya jelaskan lagi secara panjang lebar di sini.

    2. Tombol Stabilizer (IS, VR, VC) 
      Berfungsi untuk menstabilkan getaran oleh tangan (hand shake) saat memotret yang berpotensi membuat hasil foto menjadi motion blur. Prinsip kerja fitur ini adalah dengan mengandalkan sebuah gyrosensor yang mendeteksi getaran pada kamera dan melakukan kompensasi secara mekanik untuk meredam getaran itu. Namun tidak semua lensa memiliki fitur ini.
    3. Tombol Pembuka Lensa
      Fungsinya tidak lain untuk membantu melepaskan lensa dari body. Cara penggunannya yaitu tombol ditekan sambil lensa dilepas dengan cara diputar ke kiri.
    4. Tombol Fokus  
      Terdiri dari dua mode yaitu Auto Focus (AF) dan Manual Focus (MF). Bila Anda menggunakan mode auto maka berarti kerja fokus digerakkan oleh mesin secara auto. Namun bila memilih mode manual maka kerja fokus Anda yang gerakkan secara manual.

    5. Tombol Pembuka Flash 
      Digunakan untuk membuka lampu flash pada kamera. Tombol ini hanya berfungsi bila kamera dalam keadaan menyala / standby.
    6. Built-in Flash Light 
      Adalah lampu Blitz atau flash diterjemahkan secara bebas menjadi lampu kilat. Fungsi utamanya yaitu untuk membantu pencayaan pada kondisi gelap dengan cara meng-illuminate (mencahayai / menerangi) obyek yang kekurangan cahaya agar terekspos dengan baik.
    7. Tombol Shutter 
      Adalah tombol yang Anda tekan untuk mengambil gambar. Untuk belajar cara menggunakan tombol shutter silahkan baca di sini.
    8. Grip 
      Salah satu bagian menonjol di bagian kanan anatomi kamera yang fungsinya sebagai pegangan pada kamera. Grip didesain dengan tekstur kasar agar Anda bisa memegang kamera dengan kuat tanpa terpleset ketika memotret. Kesalahan memegang grip merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya hand shake.

    9. Anti Red Eye
      Berfungsi sebagai penangkal untuk menghindari mata yang terlihat merah (red eye) pada hasil foto yang merupakan efek dari lampu flash. Masalah ini sering terjadi namun bisa diatasi.
    10. Tombol Preview 
      Berfungsi untuk melihat hasil foto Anda pada layar LCD kamera.
    11. Tombol Delete 
      Berfungsi untuk menghapus foto dan data lainnya di dalam kamera.
    12. Tombol Navigasi 
      Berfungsi untuk membantu Anda mengendalikan program dalam kamera termasuk menggeser pilihan pada menu di kamera. Tidak semua kamera memiliki bentuk tombol navigasi yang sama, ada berupa scroll, analog, dan tombol 4 arah. Pada Canon EOS 600D atau sekelasnya, tombol ini memiliki multi fungsi atau dua peran yaitu sebagai tombol navigasi untuk menggeser pilihan (kiri, kanan, atas, bawah) dan juga sebagai tombol shortcut untuk mengatur white balance (WB), jenis focus, picture style, dan drive mode.
    13. Tombol Fn/Q 
      Berfungsi untuk merubah / mengalihkan fungsi pada tombol navigasi di atas ke fungsi shortcut.
    14. Tombol AV
      Berfungsi untuk mengatur bukaan diafragma atau aperture. (Baca cara menggunakan aperture di sini)
    15. Tombol Zoom 
      Berfungsi untuk memperbesar hasil foto dan juga untuk memperdekat jarak objek ketika Anda mengaktifkan mode livefiew saat memotret.

    16. Mode-Dial 
      Adalah menu untuk memilih dan mengganti mode eksposure / modus pemotretan. Di sini Anda bisa menemukan beberapa mode auto instan yang telah disiapkan khusus seperti untuk memotret olahraga, kembang api, malam hari, closeup, dan juga mode manual (M).

    17. Tombol Lifeview 
      Berfungsi untuk mengganti / mengalihkan layar bidik dari viewfinder ke lifeview yang tampil pada layar LCD. Pada EOS 600D tombol ini juga berfungsi untuk merekam video.

    18. Viewfinder 
      Adalah jendela bidik yang Anda gunakan untuk melihat objek saat memotret. Pada viewfider ini Anda bisa melihat titik fokus dan informasi lainnya seperti light meter, nilai shutter speed, apperture, ISO, dan metering. Pada bagian viewfinder terdapat karet seperti bantalan yang disebut eye pieces, fungsinya untuk menahan cahaya yang masuk ke viewfinder agar objek terlihat benar-benar real.

    19. Tombol Menu
      Berfungsi untuk menuju menu pengaturan utama kamera, sedangkan Tombol Info untuk mengetahui informasi data termasuk informasi foto-foto Anda.
    20. Layar LCD 
      Memiliki multi fungsi yaitu yang pertama untuk menampilkan keterangan settingan pada kamera, kemudian untuk melihat hasil foto Anda, dan terakhir sebagai layar bidik besar untuk melihat objek yang akan difoto secara live, yang disebut lifeview.
    21. Tombol ISO 
      Merupakan tombol shortcut (jalan pintas) untuk mengatur ISO. (Baca cara menggunakan ISO di sini)
       
    22. Main-Dial  
      Berfungsi sebagai navigasi untuk menggeser pilihan pada menu tertentu.

    23. Tombol Display Fungsinya untuk mengaktifkan mode standby dan untuk menghidupkan kembali dari mode standby. Ketika dalam mode standby kamera masih tetaap dalam keadaan menyala, hanya saja sedang diistirahtkan dan bukan dalam keadaan off.
    24. Tombol ON/OFF 
      Adalah tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kamera.

    Demikian bagian-bagian dari kamera yang bisa dipelajari dari artikel ini.

    Sumber : https://kelasfotografi.com/

    Subscribe to receive free email updates:

    1 Response to "Bagian Bagian Kamera dan Fungsinya"